Jumat, 08 November 2013

Beberapa pertimbangan pemilihan lokasi Billboard


Lokasi bagus=mahal?
Siapa yang tak ingin Iklan produk atau Billboard perusahaannya BENAR-BENAR menjadi pusat perhatian di jalan? Tapi jangan lupa bahwa semua Cost Iklan lagi-lagi harus terukur efeknya, "ROI"nya, salesnya, tingkat kekuatan terpaannya.
Pertimbangannya tidak sesimpel "lokasi yang mahal pasti bagus!" semua kondisi harus disesuaikan. Lokasi yang bagus memang seringkali relatif lebih mahal, namun bagi Perusahaan dengan budget Outdoor/Billboardyang terbatas(dibatasi) mutlak harus lebih jeli dalam mempertimbangkan lokasi Billboard.
Berikut beberapa pertimbangan yang bisa dipraktikkan:

  • Arus perjalanan.Harus jeli apakah akan dipasang di kiri atau kanan jalan. Perlu diperhatikan pula berada pada arus pulang atau arus berangkat kerja atau sekolah/kuliah.


  • Jenis Produk.Asumsinya arus berangkat adalah pada pagi hari sedangkan arus pulang adalah pada sore atau malam hari, maka iklan shampoo yang dipasang pada kiri jalan (arus berangkat kerja) dapat mengganggu karena pihak konsumen sedang tidak akan mengalami kegiatan rutinitas membersihkan badan.


  • Jangkauan.Media ini mempunyai daya jangkau yang bersifat sangat local, yakni hanya daerah di sekitar papan reklame itu saja. Karenaya, sangat penting memilih lokasi yang memiliki sudut pandang yang luas, misalnya pada ketinggian tertentu yang bebas dari halangan pandangan


  • Kecepatan arus lalu lintas.Jika media ini dipasang di jalur bebas hambatan, maka papan reklame tersebut harus didesain sedemikian rupa agar dari kejauhan sudah terbaca dan dikenali pesannya. Pada jalur ini iklan luar ruang mempunyai efektifitas terbaca dalam tempo kurang dari tujuh detik.
    Jika ingin menampilkan detail maka lebih baik memilih jalur lalu lintas yang padat dan pada ketinggian menengah. Jalur padat ini misalnya pada lokasi sekitar pusat perbelanjaan, persimpangan jalan, jalan tiga jalur yang ada sekolah dengan sedikit tempat parkir atau juga jalan ‘leher botol’ yang ujungnya menyempit. Pada arus yang padat, orang dapat membaca dengan santai pada titik pandang yang dekat. Ketinggian juga diperhatikan jangan sampai orang membaca dengan kepala terlalu mendongak.


  • Persepsi terhadap lokasi.Papan reklame juga bertujuan untuk membangun citra. Jangan sampai salah menempatkan produk dengan citra yang bonafit, anggun, besar dan modern di suatu tempat yang tidak pada tempatnya dan tidak sesuai sasaran.


  • Keserasian dengan bangunan sekitarnya.Tanpa memperhatikan keserasian, papan reklame akan menjadi sampah kota yang semakin menyebabkan calon pembeli sesak napas. Papan reklame yang baik harus memperhatikan keseimbangan lingkungan yang justru dapat mempercantik kota. Iklan luar ruang harus memperhatikan 7K, yaitu: keindahan, kesopanan, ketertiban, keamanan, kesusilaan, keagamaan dan kesehatan.

  • Kesimpulan?
    Lokasi yang menguntungkan setiap perusahaan/ produk sangatlah relatif. Benar-benar dibutuhkan kejelian Pengiklan, Media Buyer, dan Provider Billboard untuk mengakomodir kebutuhan lokasi yang spesifik.
    CAESAR Outdoor Media akan menjadi rekan konsultasi anda untuk menentukan lokasi-lokasi yang paling Tepat bukan yang paling mahal!
    Referensi
    Berbagai pengalaman dan berbagai sumber :)

    Share on :

    Artikel Terkait Lainnya Seputar:



    0 komentar:

    Posting Komentar